Pendahuluan

 

th

Di era saat ini perkembangan teknologi semakin canggih telah membawa perubahan pada masyarakat Indonesia, yaitu dengan adanya internet mempermudah bagi seseorang untuk melakukan komunikasi dengan pihak lain tanpa dibatasi waktu dan jarak. Hal ini juga dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia dengan adanya tren belanja online melalui internet. Kegiatan belanja online merupakan cara baru dalam melakukan transaksi.

Untuk pembelian secara online disini pembeli tidak bertemu langsung oleh penjual melainkan menggunakan aplikasi yang menyediakan pembelanjaan secara online. Dengan adanya aplikasi tersebut bisa menghemat waktu dan tidak perlu menguras tenaga. Disini penjual hanya menggunakan media internet untuk menampilkan situs yang digunakan dengan segala produk yang mereka tawarkan kepada konsumennya. Kemudia konsumen yang sebagai pembeli akan melihat dan melakukan keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan melalui situs yang ada.

Saya pernah berbelanja online disalah satu website belanja online yang menurut saya terpercaya yaitu Lazada. Tentunya masyarakat pun sudah tau dengan adanya berbelanja online apa lagi sering diadakannya diskon pastinya masyarakat tergiur akan diskoin tersebut. Disini sangat mudah untuk yang belum mempunyai aplikasi Lazada bisa download langsung di Appstore dan setelah itu untuk yang belum mempunyai akun Lazada bisa melakukan registrasi terlebih dahulu bertujuan untu mempermudah pencarian produk atau pun pemesanan yang berbasis online ini.

Di Lazada juga banyak katagori yang disediakan seperti halnya : Selamat Datang, Lazada Prioritas, Murah Meriah, Koleksi Taobao , Voucher Treats, Toserba Kilat, Elektronik, Fashion,Kesehatan & Kecantikan, dll. Dan untuk pembayaran Lazada menyediakan pembayaran seperti pembayaran ditempat, kartu kredit / debit online, bank transfer,indomaret, alfamart, kredivo, doku jadi disini pembeli tinggal memilih untuk melakukan pembayaran sesuai keinginan kita, selanjutnya Lazada juga free ongkir (ongkos kirim). Di Lazada juga terdapat review dari konsumen dari produk tersebut mengenai penilaian produk yang sudah pernah dibeli. Untuk saat ini selama saya melakukan transaksi pembelian secara online di Lazada saya belum pernah mengalami kasus yang mengecawakan dalam pembelian barang secara online.

Teori

Setiap manusia pasti pernah melakukan komunikasi, keberhasilan komunikasi ditentukan oleh kecakapan seseorang ataupun kelompoknya apakah pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh sipenerima pesan atau tidak. Ada 7 aspek yang menyebabkan komunikasi dapat terjadi , yaitu :

  1. Adanya Manusia
  2. Adanya Pesan
  3. Saluran
  4. Ganggua
  5. Konteks
  6. Umpan Balik
  7. Pengaruh

Proses Komunikasi, Menurut Bovee dan Thill (2006:8), proses komunikasi terdiri dari 6 (enam) tahap, yaitu:

  1. Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.

Sebelum proses penyampaian pesan dapat dilakukan, maka pengirim pesan (sender) harus menyiapkan ide atau gagasan apa yang ingin disampaikan kepada pihak lain atau receiver.

  1. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan .

Dalam suatu proses komunikasi, tidak semua ide dapat diterima atau dimengerti dengan sempurna. proses komunikasi dimulai dengan adanya ide dalam pikiran, yang lalu diubah kedalam bentuk pesan, pesan seperti dalam bentuk kata-kata, ekspresi wajah, dan sejenisnya, untuk kemudian dipindahkan kepada orang lain.

  1. Pengirim menyampaikan pesan.

Setelah mengubah ide-ide ke dalam suatu pesan, tahap berikutnya adalah memindahkan atau menyampaikan pesan melalui berbagai saluran yang ada kepada si penerima pasan. Rantai saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan terkadang relatif pendek, namun ada juga yang cukup panjang. Panjang pendeknya rantai saluran komunikasi yang digunakan akan berpengaruh terhadap efektifitas penyampaian pesan.

  1. Penerima menerima pesan .

Komunikasi antara seseorang dengan orang lain akan terjadi, bila pengirim mengirimkan suatu pesan dan penerima menerima pesan tersebut. Jika seseorang mengirim sepucuk surat, komunikasi baru bisa terjalin bila penerima surat telah membaca dan memahami isinya.

  1. Penerima menafsirkan pesan .

Setelah penerima menerima suatu pesan, tahap berikutnya adalah bagaimana ia dapat menafsirkan pesan. Suatu pesan yang disampaikan pengirim harus mudah dimengerti dan tersimpan didalam  benak pikiran si penerima pesan. Selanjutnya, suatu pesan baru dapat ditafsirkan secara benar bila penerima pasan telah memahami isi pesan sebagaiman yang dimaksud oleh pemgirim pesan.

  1. Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik

Kepada pengirim Umpan balik (feedback) adalah penghubung akhir dalam suatu mata rantai komunikasi, Ia merupakan tanggapan penerima pesan yang memungkinkan pengirim untuk menilai efektivitas suatu pesan.

 

Analisis

Dalam hal ini , saya menganalisis bahwa didalam proses pemesanan barang secara online telah sesuai dengan proses komunikasi pada umumnya dalam melibatkan unsur komunikasi, karena dalam transaksi pemesanan barang secara online lebih diutamakan komunikasi antara penjual dan pembeli.

Didalam pemesanan barang secara online hal yang pertama terjadi pasti pengirim mempunyai ide / gagasan mengenai produk apa yang akan dibeli, langkah selanjutnya setelah pengirim menentukan produk apa yang akan dibeli kemudain pengirim mengubah suatu ide / gagasan tersebut menjadi sebuah pesan yang akan dikirimkan kepada si penerima (toko online), langkah berikutnya penerima (toko online) menerima pesan yang telah dikirimkan oleh si pengirim pesan (konsumen) mengenai produk apa yang akan dibeli biasanya didalam akun Lazada konsumen melakukan pengisian biodata ulang agar data konsumen telah terverifikasi,langkah selanjutnya si penerima (tokoonline) menafsrikan pesan yang diterima oleh si pengirim pesan apakah pesan yang dikirim sesuai dengan barang yang tersedia , hal ini merupakan yang terpenting apabila si penerima pesan salah menerima pesan maka pesanan pun bisa tidak sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen, langkah terakhir yaitu penerima memberikan umpan balik biasanya dalam hal berbelanja di toko online , umpan baliknya berupa proses packing barang atau barang telah dikirim jika barang tersedia, apabila barang tidak tersedia maka si penerima pesan bisa memberikan informasi kepada si pengirim pesan , agar pengirim pesan bisa memberikan alternatif pilihan produk yang lain jika si pengirim menginginkan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kasus pemesanan barang online  akan sesuai dengan apa yang diingikan konsumen apabila melibatkan unsur komunikasi yang sesuai dan dengan proses komunikasi yang benar.

Daftar Pustaka

http://silviauliadarus.blog.upi.edu/2015/12/03/komunikasi-bisnis-tugas-1/